Thursday, October 29, 2009

ONLINE FACEBOOK

Facebook adalah salah satu situs pertemanan dalam dunia maya (internet). Siapa yang tidak tahu tentang facebook ? semua orang pasti mengetahui apa itu facebook, dari anak kecil, remaja, pemuda, dewasa sampai orang tua pun pasti mengetahui apa itu facebook.
Semua hal dalam kehidupan manusia pasti memiliki dampak positif dan negatif tidak terkecuali facebook. Kita dapat melihat dahulu dampak-dampak negatif dalam facebook. Kita dapat melihat contoh pengaruh facebook dalam kehidupan pelajar maupun mahasiswa. Hampir semua pelajar maupun mahasiswa mengikuti situs pertemanan ini dan memilikinya. Contoh dampak negatif facebook bagi pelajar ataupun mahasiswa seperti malas untuk belajar karena selalu menginginkan untuk online, tidak konsentrasi dalam belajar, kecanduan akan game-game yang ada dalam facebook, tugas-tugas menjadi terlantar karena selalu online, terkadang emosi seseorang suka diluapkan melalui facebook yang akan menyebabkan pertengkaran yang membesar, dan contoh lain-lainnya. Contoh pengaruh negatif facebook lainnya terhadap kehidupan keluarga, remaja ataupun pemuda yang sudah kecanduan facebook terkadang tidak mendengarkan perkataan orangtua. Contoh, ketika diajak untuk berbicara oleh orangtua tidak menghiraukan oleh si anak karena terlalu sibuk dengan kegiatan si anak yaitu online, banyak hal yang belum seharusnya diketahui oleh si anak tentang kehidupan menjadi diketahui (dewasa sebelum waktunya).
Facebook juga dapat dijadikan tempat untuk perselingkuhan baik dalam hubungan suami istri maupun yang berpacaran. Sangat mudah untuk melakukan perselingkuhan di situs pertemanan ini, jika kita tidak menjaga arti kesetiaan yang diberikan oleh pasangan kita maka kita akan termakan oleh pancingan yang ada. Dampak negatif lainnya dalam kehidupan bermasyarakat atau bersosialisasi. Contohnya, jika tidak ada kecocokan atau adanya pertengkaran dalam hubungan bermasyarakat atau bersosialisasi seseorang data meluapkan emosinya didalam facebook. Tidak sampai disitu saja tertuduh yang bersangkutan akan membalas perkataan yang dilontarkan oleh pembuat masalah, dan akan terus berlanjut seperti itu dan facebook cuma hanya sebagai sarana untuk pertengkaran. Sangat diherankan anak kecil jaman sekarang perkembangannya sangat pesat, mulai dari usia 4tahun ia sudah mengetahui apa itu facebook walaupun tidak secara rinci. Bahkan yang sudah lanjut usia pun ada banyak yang megikuti situs pertemanan ini walaupun hanya untuk iseng-iseng saja.
Di dalam pempergunakan facebook kita haruslah berhati-hati. Karena apa, semua orang dapat melihat apa yang sedang atau akan kita kerjakan dan lakukan. Kita harus berhati-hati dalam berucap, bertutur kata dan sesungguhnya untuk menyebutkan suatu instansi ataupun perusahaan atau merk ataupun seseorang itu haruslah sangat berhati-hati. Karena, jika instansi tersebut tidak menyukainya ia dapat melaporkannya kepada pihak yang berwajib dengan tuduhan pencemaran nama baik. Negara kita adalah Negara hukum, dan tentunya apa yang dilaporkan oleh pelapor akan diproses, jika memang sudah melampaui batas-batas norma hukum Negara.
Susah tidak untuk memakai facebook ? tentu tidak. Sangatlah gampang, sekarang ini dari handphone apapun dan jenis apapun yang memiliki jaringan web akan dapat membuka facebook dengan tarif operator yang sangat murah. Sekarang ini semua instansi telephone seluler maupun operator seluler beromba-lomba untuk membuat aplikasi facebook agar dapat membuat custumer tertarik dengan menawarkan tarif yang murah dan sangat terjangkau. Maka dari itu semua kalangan pasti mengetahui apa itu facebook.
Facebook, dari semua dampak negatif diatas dampak posotif dari facebook adalah untuk menambah teman, mengetahui kabar teman atau kerabat ataupun saudara yang sulit untuk bertemu, dapat berhubungan kembali dengan teman-teman lama, melepas rindu, mencari pasangan, mencari pekerjaan, menambah relasi dan lain-lain. Hal yang baik adalah kita harus bisa untuk membagi waktu antara sekolah, keluarga dan hidup bersosialisasi, jangan sampai facebook menjadi sesuatu yang mengganggu seluruh aktifitas yang dilakukan karena diciptakannya facebook bukan untuk hal-hal yang negatif melainkan hal yang positif. Jika kita mengunakan fasilitas yang ada dengan hal-hal yang positif maka akan menghasilkan hal-hal yang positif pula. Ingat, dalam berucap, bertutur kata, bertindak dan lain-lain dalam suatu situs pertemanan haruslah berhati-hati. Dan lakukanlah hal yang positif untuk menghasilkan hal yang positif pula.

No comments: