Tuesday, March 1, 2011

Web Science


Web Science merupkan kajian sains dari Web yang lahir dari sistem Informasi atau dengan kata lain adalah ilmu yang mempelajari tentang web, perkembangan web dan lain sebagainya. Pada Web Science juga membutuhkan pemahaman akan Web dan juga pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi.
WorldWideWeb adalah program pertama yang bukan saja menggunakan FTP (File Transfer Protocol) namun juga HTTP (Hypertext Transfer Protocol) yang dikembangkan Tim Berners-Lee pada 1989. WorldWideWeb dapat menampilkan file HTML tanpa gambar yang tersimpan. WWW atau World Wide Web adalah sebuah ruang informasi yang sangat berguna dan diakses oleh user melalui browser. Dengan adanya WWW, kita bisa menerima berbagai macam informasi dalam berbagai format. WWW sering disebut juga sebagai protokol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator).
Browser merupakan suatu aplikasi atau program yang berfungsi untuk menampilkan informasi baik teks, gambar, suara, animasi, bahkan sekarang telah banyak bermunculan video streaming untuk menampilkan acara televisi dan music. Browser pertama kali dibuat berbasiskan teks. Untuk menyatakan suatu alamat (link), dibuat sebaris nomor yag mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam web.
Pada tahun 2006 web science didirikan dengan nama WSRI atau Web Science Research Initiative. Dari pertama diluncurkan, web science sudah sudah memperluas diri sebagai aktifitas yang penting bagi masyarakat. Aktifitas tersebut antarra lain, mengkoordinasi pembelajaran Web Science, pemikiran tentang kepemimpinan, dan penelitian untuk science. Persinggungan antara Web Science dan Ilmu Murni Kita perlu mengetahui kaitan ilmu dan terknilogi sebelum memahami kaitan nilai dan teknologi. Yang kita tahu, selain ilmu terapan ada juga ilmu yang di sebut ilmu dasar. Ilmu terapan bertujuan untuk membantu manusia memecahkan masalah. Oleh karena itu baik ilmu murni dan web science sama-sama berkembang setiap saat. (Sejarah lebih lengkapnya terdapat dalam tulisan berikutnya).
Kelahiran Web Science ini juga di karenakan oleh pergerakan generasi Web dari Web 1.0 ke Web 3.0. perkembangan web yang terjadi luar biasa.Perbedaan utama dari setiap generasi adalah pada masa mula adanya web masih bersifat read-only, pada Web 2.0 bergerak ke arah read-write,sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin. Pada Web 2.0 kegiatan sosial sudah dimulai, dengan semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia, blog, friendster dan sebagainya. Tetapi kendala utama pada Web 2.0 adalah penangan untuk pertukaran data atau interoperabilitas masih sulit. Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0 dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software,  dan lain sebagainya.

Keuntungan dari Web Science adalah :
·         Dapat mencari berdampak tinggi artikel dalam prosiding konferensi.
·         Dapat menemukan tren yang membantu anda mengejar sukses hibah penelitian dan akusisi.
·         Dapat mengidentifikasi potensi kolaborator dengan catatan rujukan signifikan.

Web juga memiliki fungsi yang efektif selain menghubungkan orang dengan jarak ribuan kilometer. Web juga berfungsi untuk berbagai penulisan dan karya. Fungsi web secara umum, bagi individu dapat menambah pengetahuan yang dapat kita temui di dalam web, menyalurkan hobi menulis dalam berbagai minat maupun itu teknologi, olahraga, otomotif, dan menyatukan antar individu yang terpisah jarak yang jauh. Bagi komunitas/organisasi, dapat berkumpul di dalam dunia maya, saling sharing informasi tentang minat dan tujuan dibentuknya organisasi atau komunitas tersebut dan informasi cepat sampai dan up to date. Bagi perusahaan, web dapat memberikan informasi tentang produk/ jasa yang mereka tawarkan dan dapat sebagai lahan untuk berpromosi yang efektif.

No comments: