Tuesday, April 5, 2011

Methodology Of Web Science


Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi. Sehingga akan mengkombinasikan sintesis dan analisis. Mempertimbangkan perkembangan Web yang membawa ke sisi positif (seperti Peer to Peer) ataupun ke arah negatif (seperti phishing). Kontribusi terhadap pengembangan adalah tujuan utama dari Web Science.Adanya web science menekankan pada perkembangan Web itu sendiri dan pengembangannya,mendukung untuk ubiquity, mobility, new media dan meningkatnya jumlah data yang tersedia secara online, karena web bersifat sosial, maka privasi harus dikedepankan. Kontribusi terhadap pengembanganwe itu sendiri adalah tujuan utama dari Web Science.

Ilmu web ini mempelajari bagaimana perkembangan web yang ada dan dampak yang ditimbulkannya. Kajian dan dampak dari web ini tak terbatas dalam disiplin ilmu teknologi komputer saja, akan tetapi telah merambah ke berbagai disiplin ilmu yang lain seperti matematika, ekonomi, psikologi, sosiologi, hukum, kebudayaan, biologi, media, web engineering, artificial intelligence dan ekologi. Web science dibangun berdasarkan beberapa disiplin ilmu.

Hal-hal yang perlu dilakukan  adalah mengembangkan bahasa dan terminologi guna mengukuhkan konsistensi dari semantik tersebut, told an artsitektur yang menggunakan bahasa dan terminologi harus mampu mengakses, merubah dan mengintegrasi informasi itu sendiri secara lebih baik. Tak lupa pengembangan aplikasi dan berbagai teknologi penunjang yang terus dikembangkan untuk peningkatan teknologi web yang tersedia.

Ada tiga standar utama untuk penerapan web services. Standar-standar ini mendukung pertukaran data berbasis XML. Tiga standar tersebut meliputi SOAP, WSDL, dan UDDI. Berikut bakal tak jelaskan secara singkat mengenai standar tersebut.

1. SOAP ( Simple Object Access Protocol )

Protokol ini mendukung proses pengkodean data (biasanya XML) dan transfernya melalui HTTP (Hyper Text Transfer Language). Dalam konteks web services, SOAP adalah suatu bahasa versi bebas dari protokol RPC (Remote Procedure Caoll) yang berguna untuk proses transaksi melalui HTTP standar. SOAP membuat klien web service dapat memilih beberapa parameter mengenai permintaannya dan memberikannya kpd si penyedia. Ketika penyedia menganggapi permintaan tersebut, maka terjadilah web services.

2. WSDL ( Web Services Description Language )

Merupakan bahasa berbasis XML yang menjelaskan fungsi-fungsi dalam web services. WSDL menyediakan cara untuk memanfaatkan kapabilitas web services. WSDL memberi tahu mesin lain bagaimana memformat/ menterjemahkan permintaan yang diterima berikut respon mereka agar proses web service bisa berjalan. Singkatnya, WSDL adalah bahasa yang memungkinkan berbagai dokumen yang dibuat dalam aplikasi yang berbeda dapat berkomunikasi.

3. UDDI (Universal Description Discovery and Integration )

Adalah semacam direktori global untuk mengelola web services. Fungsinya mirip dengan Yellow Pages untuk versi web services. UDDI berisi informasi tentang penawaran atau layanan apa yang ditawarkan perusahaan berikut dengan detil teknis bagaimana cara mengaksesnya. Inforamsi tersebut ditulis dalam bentuk file-file WSDL.

No comments: