Sunday, January 8, 2012

Grafik Komputer


            Grafik Komputer merupakan Ilmu yang mempelajari rancang bangun berorientasi geometri yang diaplikasikan pada komputer, biasanya data yang digunakan  berbentuk 3 dimensi.
Kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer meliputi :
1.      Pemodelan Geometris
      Merupakan suatu pemetaan objek ke dalam bentuk model dari objek-objek 2D dan 3D.
2.      Rendering
Merupakan proses untuk memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3.      Animasi
Menetapkan atau menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek pada suatu waktu tertentu.

Pengenalan Blender

            Blender 3D adalah software gratis yang Berebasis Opensource dan bisa anda gunakan untuk modeling, texuring, lighting, animasi dan video post processing 3 dimensi. Blender 3D yang merupakan software gratis dan open source ini merupakan open source 3D paling populer di dunia. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai  kelebihan  sendiri  dibandingkan  program  modeling  3D  lainnya. 

Sejarah Blender

            Awalnya aplikasi ini dibuat oleh Ton Roosendall tahun1988 dan mendanai perusahaan bernama NeoGeo yang akhirnya dapat berkembang dengan sangat pesat.
Kemudian tahun 1995 muncullah aplikasi blender ini, karena memiliki potensi untuk berkembang lebih jauh, maka dilakukanlah pengembangan Blender ini. Kemudian program ini didistribusikan sebagai shareware. Sayangnya sekitar tahun 2001 penjualan aplikasi ini sangatlah rendah dan tidak menguntungkan maka terjadilah penghentian pengembangan dari aplikasi Blender ini.

Kelebihan yang  dimiliki  Blender  :

            Dapat  membuat game  tanpa  menggunakan  program tambahan  lainnya,  Karena  Blender  sudah  memiliki  Game  Engine  sendiri  dan menggunakan  Python sebagai  bahasa  pemograman  yang  lebih  mudah  ketimbang menggunakan C++,C, dll.menggunakan Blender 3D kita bisa membuat objek 3D animasi, media 3D interaktif, model dan bentuk 3D profesional, membuat objek game dan masih banyak lagi kreasi 3D lainnya.

Fitur fitur yang dimiliki oleh Blender yaitu sebagai berikut :

1.      Tampilan yang user friendly dan tertata rapi.
2.      Kelengkapan tools untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling,   UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
3.      Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
4.      Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
5.      Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas
6.      File Berukuran kecil
7.      Gratis dan Open source

Transformasi merupakan alat penting dalam menghasilkan objek gambar 3D. Tranformasi digunakan untuk memindahkan objek di dalam suatu lingkungan dan juga untuk membangun pandangan 2D atas lingkungan tersebut untuk permukaan tampilan. Tekstur sama halnya seperti permukaan pada sebuah objek. Tekstur tidak hanya menunjukan sesuatu untuk dirasakan (halus atau kasar) tetapi juga untuk mengetahui bagaimana rupanya (warna dan pola).

Cahaya “Lights” mampu memberi penerangan dalam kehidupan di dunia nyata, seperti halnya di dalam dunia 3D ini. Cahaya dapat memberikan penerangan untuk melihat sebuah objek lebih menarik dan nyata. Karena cahaya digunakan untuk penerangan. Tanpa cahaya suatu objek tidak akan terlihat secara jelas. Kamera digunakan untuk melihat objek dari sisi penonton yang akan melihat tampilan tersebut.

No comments: