Tuesday, December 29, 2009

INTEGRASI

Indonesia adalah Bangsa yang besar dan beranekaragam. Begitu pula dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakatnya. Kebutuhan merupakan awal dari tingkah laku suatu Individu untuk mendapatkan atau memenuhi kepentingan dan kebutuhannya. Setiap individu juga memiliki kepentingan dan kebutuhan yang berbeda-beda pula. Maka, dengan adanya perbedaan tersebut banyak terjadinya pertentangan-pertentangan dan integrasi dalam masyarakat.
Jaman dahulu kala, pahlawan-pahlawan bangsa Indonesia selalu bersatu padu untuk melawan penjajahan. Dan sekarang dapat kita lihat apakah bangsa Indonesia selalu bersatu padu untuk memajukkan bangsa Indonesia. Dan saat ini bukanlah penjajah yang menjadi lawan kita melainkan ego diri kita sendiri dan kelompok yang ingin memecah belah bangsa kita sendiri. Untuk menjalin kembali rasa kekeluargaan bangsa hal pertama yang harus dilakukan adalah menanamkan rasa cinta tanah air dan menjaga serta melinduni bangsa Indonesia. Hanya dengan hal tersebut, kita dapat tetap menjalin rasa kekeluargaan dan kebersamaan. Kecintaan terhadap tanah air Indonesia haruslah kita tanamkan sejak dini agar kita semua dapat membangun bangsa yang maju dan kokoh terhadap semua masalah yang ada. Dan secara pribadi jaganlah kita mengkelompokkan satu dengan yang lain karena setiap manusia diciptakan sama dan semua manusia pun tidak ada yang sempurna. Untuk tidak terjadinya pebedaan kita harus saling menghargai dan saling membantu satu sama lain. Karena kita tidak dapat hidup sendiri didunia ini tanpa bantuan dari orang lain.
Integrasi sosial di perlukan agar masyarakat tidak berpecah meskipun menghadapi berbagai tantangan, baik merupa tantangan fisik maupun konflik yang terjadi dilingkungan sekitar. Selama ini integrasi sosial hanya sebatas formalitas tanpa melibatkan pemahaman yang tentang suatu kebersamaan dan perdamaian. Dan dengan hal itu dapat menyebabkan kekerasan terjadi didalamnya. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap individu dan kelompok masyarakat, akhirnya dapat merenggangkan kebersamaan dan bahkan menjadi sumber pemicu konflik dan ketidakharmonisan. Belum lagi jika dikaitkan dengan berbagai konflik yang terjadi di masyarakat seperti konflik sosial, agama, ekonomi dan budaya.
Segala bentuk persoalan sesulit atau serumit apapun haruslah dapat dicari jalan keluar yang terbaik, dengan tidak menggunakan kekerasan sebagai penyelesaiannya. Ketentraman dan kedamainan adalah keinginan seluruh masyarakat Indonesia, tapi untuk mencapainya tidaklah mudah. Perlu ada proses, kerjasama dan kesatuan hati untuk mencapainya. Dengan semangat yang tinggi, saling menghargai satu dengan yang lain, bersikap adil dan sebagainya tentu kita akan dapat memajukkan Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih besar dari sebelumnya.

No comments: