Friday, March 12, 2010

SALAH SATU CARA BODOH MENDAPATKAN UANG !!!

Kehidupan zaman sekarang makin sulit, pengangguran makin banyak, manusian semakin materialistis, tidak menghargai sebuah proses hanya menginginkan yang serba instan, sehingga segala macam cara dilakukan untuk mempertahankan hidup, diantaranya adalah menipu. Dan salah satu cara nya adalah pembobolan ATM.
Pembobolan ATM adalah salah satu cara yang mudah atau instan untuk mendapatkan uang dengan cepat. Biasanya sudah tersimpan dalam pikiran manusia bahwa uang adalah segalanya, tidak ada uang berarti tidak dapat menjalankan kehidupan. Itu adalah salah satu faktor seseorang atau sekelompok orang dapat melakukan hal yang bodoh seperti pencurian melalui ATM. Pencurian melalui kartu ATM atau kartu kredit nasabah tentunya dapat dihadang. Salah satu caranya adalah setiap ATM yang beroperasi harus dilengkapi dengan anti skimmer. Diindonesia sudah banyak nasabah yang dirugikan karena adanya pembobolan ATM ini.

Mencegah terjadinya pembobolan ATM nasabah dapat dilakukan dengan cara, mengganti nomor pin, para nasabah harus kembali disiplin dalam setiap kali akan menggunakan kartu-kartu pin-nya untuk menarik dana-dana tunai dari ATM-ATM. Janganlah membiasakan meminta tolong oleh orang lain untuk pengambilan uang dari ATM, walaupun itu orang terpercaya sekalipun, seperti yang sering terjadi selama ini. Karena kadang kala seseorang yang kita percaya itu yang akan mengecewakan kita. Maka cara lain cari lokasi ATM yang relatif aman, segera blokir kartu ATM bila menemukan kejanggalan transaksi, memperhatikan kondisi fisik ATM dan sekelilingnya, dan apabila ada hal-hal yang mencurigakan, nasabah diharapkan tidak menggunakan ATM tersebut dan segera melapor kepada pihak bank, menutup dengan tangan ketika memasukkan PIN sehingga tidak terlihat pihak lain.
Dalam hal ini bukan hanya nasabah yang dirugikan melainkan pihak bank juga karena jika ung nasabah hilang maka pihak bank lah yang bertanggung jawab untuk menggantinya. Pihak bank juga melakukan tindak antisipasi teknis agar hal ini tidak terjadi kembali dan pihak bank pun tidak dirugikan dngan cara pengecekan ulang atau melengkapi seluruh ATM-ATM dengan perangkat tambahan yang mutlak diperlukan. Misalnya, alat kamera semacam CCTV di bilik ATM, pemantapan penjagaan oleh barisan security, dsb.
Maka dari itu, hal terpenting sekarang ini adalah kembali ke disiplin pribadi, bahwa nomor-nomor atau kartu pin ATM itu adalah sangat privasi. Cukup hanya diri sendiri yang mengetahui dan menggunakannya. Dan haruslah terus berhati-hati terhadap sekitar ATM jangan mudah percaya dengan bantuan orang lain di sekitar ATM, berwaspadalah selalu dan berjaga-jaga. Ingat pesan bang napi..kejahatan bukan hanya karena niat, tapi karena ada kesempatan...waspadalah....waspadalah....

No comments: