Monday, March 22, 2010

POSITIF ATAU NEGATIF ???

Kehidupan bangsa Indonesia semakin hari tidaklah semakin baik mulai dari pendidikan, pekerjaan, fasilitas,yang lebih besar lagi adalah prekonomiannya. Dari tahun ke tahun prekonomian Indonesia semakin terpuruk. Semuanya tidaklah seimbang dengan kebutuhan hidup masyarakat Indonesia yang terbilang sering berfoya-foya. Dapat dikatakan bahwa pengeluaran lebih besar daripada pendapatan.
Setiap individu memiliki sifat dan perilaku yang berbeda-beda satu sama lainnya. Kehidupan kesehariannya pun tentulah berbeda sekali dan taraf hidupnya pun berbeda. Dapat dikatakan derajat, kekayaan, keturunanya pun berbeda-beda. Ada si kaya dan ada si miskin, ada si jahat dan ada si baik. Setiap individu selalu ingin bersaing untuk mendapatkan sesuatu yang terbaik walau dengan cara apapun. Segala cara akan dilakukan demi keangkuhan, kesombongan, dan keegoisan serta ingin dihormati dengan cara berlebihan atau ditinggi-tinggikan. Perilaku atau sifat positif atau negatif terus berkembang dengan adanya kebudayaan, tradisi dan kebiasaan yang buruk ataupun baik.
Manusia, individu dan kebudayaan sangat berkaitan satu sama lain. Kota mwtropolitan seperti Jakarta menuntut kita untuk dapat memenuhi kebutuhan yang sangat beragam, dari hal yang penting sampai yang tidak penting sekalipun. Kehidupan di kota metropolitan menuntut kita untuk memiliki banyang uang. Jika kehidupan kita menyimpang dari kehidupan yang baik, maka kita akan menjadi seseorang atau pribadi yang banyak menuntut karena kebutuhan yang banyak terlebih lagi dengan adanya “kehidupan malam” dikota metropolitan yang tidak pernah mati. Yang selalu menuntut kita untuk melakukan hal-hal yang tidak baik pada kehidupan malam yang dijalankan selama ini. Lebih baik kita tidak sampai bergaul yang terlampau jauh dan tidak melakukan kehidupan malam yang sering dilakukan dikota metropolitan khususnya bagi para remaja yang rela menjatuhkan harga dirinya demi hal yang tidak berguna seperti narkoba, free sex, mabu-mabukan dan lain-lain.
Karena adanya kebutuhan yang besar , manusia ataupun individu akan melakukan segala cara. Sebagai contoh, pembobolan ATM, penculikan, perampokan ataupun tindakan kejahatan lainnya. Kita ambil contoh pembobolan ATM , ini adalah salah satu cara bodoh untuk mudah mendapatkan uang dan ini adalah tindakan yang berbahaya walaupun akan mendapatkan uang(hasil) yang didapatkan sangat besar jumlahnya, tetapi hukuman(resiko) dari tindakan ini sangatlah berat dan juga sangat merugikan orang lain. Mereka yang melakukan hal ini tidak berpikir panjang, apa yang mereka pikirkan hanyalah uang yang akan mereka dapatkan. Itulah penyebab dari semua tuntutan dikota metropolitan ini. Masalah perekonomianlah yang menjadi penyebab utama dari setiap permasalan.
Inti dari semuanya itu lebih baik kita menjalankan hidup terbuka dan berperilaku positif, janganlah terpengaruh terhadap perilaku dan tuntutan dari lingkungan sekitar. Karena semua itu tidaklah ada gunanya, baiknya kita menjalankan hidup yang sesuai dengan porsi yang cukup dengan kehidupan yang layak dan memiliki kebahagiaan yang berlimpah. Pertahankan harga diri demi kelangsungan dan kebahagiaan hidup serta masa depan yang cerah terlebih untuk para orang-orang muda. Jangan pernah mencerah sebelum mencoba dalam menjalankan hidup untuk keberhasilan, tentunya dalm hal yang “positif”.

No comments: